Friday, September 12, 2008

Oasis Ramadhan - 3

KEISTIMEWAAN ORANG YANG BERPUASA - 2

Sebagaimana tulisan terdahulu tentang "Kekhususan Bagi Orang-orang yang Berpuasa" maka kekhususan lainnya adalah:
  • Allah SWT memberikan kegembiran bagi orang yang berpuasa dengan 2 kegembiran, yakni kegembiran ketika berbuka dan kegembiran di saat bertemu dengan tuhannya. Sebagaimana Sabda Nabi SAW:

إن للصائم فرحتان إذا أفطر فرح وإذا لقي الله فرح {رواه مسلم
"sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki 2 kegembiran, (yakni) apabila (ia) berbuka dia bergembira, dan apabila bertemu Allah SWT (ia) bergembira".

kegembirannya disaat berbuka puasa adalah ungkapan kebenaran rasa syukurnya yang sempurna kepada tuhannya yang telah memberikan taufik dengan menganugerahkan kemampuan berpuasa secara sempurna, dan juga menjadikan sehat dan kuat, maka dengan itu ibadah puasa dapat dijalani dengan lancar tanpa kurang apapun.
Adapun kegembiraannya di saat bertemu dengan Allah SWT adalah tenang karena yakin dengan janji Allah yang (telah berjanji) menerima amal ibadahnya dengan pahala dan ganjaran yang besar.

  • Allah SWT menjadikan kesehatan dan obat bagi orang-orang yang berpuasa.

صوموا تصحوا {رواه ابن السني وأبو نعيم
"Berpuasalah kamu, (niscaya) kamu akan sehat" (Hadis Riwayat Ibnu Sunni dan Abu Na'im)

وأخرج البيهقى عن علي كرم الله وجهه قال صلى الله عليه وسلم إن الله أوحى إلى بني إسرائيل أن أخبر قومك أنه ليس عبد يصوم يوما ابتغاء وجهي الا أصححت له جسمه وأعظمت له أجره
Dan dalam hadis lain, yang ditakhrijkan oleh Imam Baihaqi, dari Imam Ali KW, bersabda Rasulullah SAW: "Sesungguhnya Allah SWT mewahyukan kepada Bani Israil agar memberikan kabar gembira kepada kaum (Bani Israil), bahwa: Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari (saja) karena Ku (Allah SWT) kecuali akan Ku sehatkan raganya dan Ku berikan ganjaran yang besar.


  • Allah SWT menjadikan puasa mereka sebagai sebab dijauhkan wajahnya dari neraka.

يقول صلى الله عليه وسلم من صام يوما في سبيل الله بعد الله وجهه عن النار سبعين خريفا {أخرجه أحمد والشيخان والنسائي عن أبي سعيد الخدري وعند ابن ماجه عن أبي هريرة} وفى رواية النسائي عن عقبة بن عامر باعد الله منه جهنم مسيرة مائة عام

"Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang berpuasa sehari (saja) di jalan Allah SWT maka Allah SWT akan menjauhkan wajahnya dari neraka (sejarak) 70.... (Ditakhrijkan oleh Imam Ahmad dan Syaikhan dan Imam Nasa'i dari Abu Sa'id Al-Khudri dan menurut Ibnu Majah dari Abu Hurairah) Dan dalam riwayat Imam Nasa'i, dari Uqbah bin 'Amir: ..."Allah SWT akan menjauhkan neraka Jahanam darinya sejauh seratus tahun perjalanan."

No comments:

Menjelang Ramadhan

Rajab & Sya'ban: Sebuah Persiapan untuk Ramadhan Rasulullah SAW pernah mengajarkan sebuah do'a yang dibaca tatkala memasuki bu...