Thursday, June 21, 2012

Menjelang Ramadhan

Rajab & Sya'ban: Sebuah Persiapan untuk Ramadhan

Rasulullah SAW pernah mengajarkan sebuah do'a yang dibaca tatkala memasuki bulan harom Rajab, dan terus dibaca hingga masuk ke bulan Ramadhan. Do'a tersebut adalah: "Alloohumma baarik lanaa fii Rojab wa Sya'baan wa ballighnaa romadhoon" Yaa Alloh.. berkahilah kami dibulan Rajab dan Sya'ban ini, dan sampaikanlah (usia) kami sampai (menjumpai) Ramadhan Keberkahan Rajab dan Sya'ban.

Dalam Do'a di atas kita mengharapkan keberkahan di dua bulan tersebut di atas. Pertanyaannya, mengapa BERKAH?.. apa itu BERKAH?... mengapa RAJAB dan SYA'BAN? Berkah berasal dari kata BAROKAH, yang secara defini (ulama) adalah "Ziyadatul-khoir" yakni tambah baik. Yang dimaksud tambah baik disini adalah "semakin baiknya diri kita yakni semakin meningkatnya iman, Islam, Ikhsan, Taqwa, Ma'rifah dan Yaqin kita kepada Alloh SWT yang diindikasikan dengan bertambah baiknya akhlak kita. Mengapa kita minta keberkahan?.. Rasululloh SAW (dalam hal ini) tidak mengajarkan minta rizki, sehat, harta, pangkat dan lain-lain (dalam do'a tersebut). Sebab semua itu hanya sarana, dan manfaat sarana itu apakah dapat menambah iman dan taqwa kita kepada Alloh SWT hanya di dapat dari keberkahan di dalam sarana tersebut. Jadi Keberkahan lebih substansi dibanding semuanya. Buat apa punya harta tapi tidak berkah, tidak membuat kita menjadi orang yang lebih baik. Buat apa sehat jika tak ada keberkahan dalam kesehatan tersebut. Buat apa pangkat jika tak ada keberkahan dipangkat tersebut? Karenanya saat kita memohon "keberkahan" berarti kita memohon agar segala sesuatu yang telah Alloh SWT berikan kepada kita diberkahi juga. Diberi umur panjang yang berkah, diberi kesehatan yang berkah, diberi harta yang berkah, diberi waktu yang berkah dan lain-lain. Sebab keberkahan dari Alloh SWT-lah kita dapat tambah menjadi orang/hamba yang bertaqwa.

Mengapa Rajab dan Sya'ban?
Rajab adalah salahsatu Bulan Harom (bulan Mulia/Agung) diantara Dzul Qo'dah, Dzul Hijjah dan Muharrom. Dalam Qur'an Alloh SWT melarang kita berbuat zhalim/aniaya, baik kepada orang lain atau makhluk lain maupun kepada diri kita sendiri. Ini bukan berarti di bulan ain kita "boleh" berbuat zhalim, tetapi sebagai penegas dari Alloh SWT bahwa melakukan kezaliman adalah tindakan dosa yang diganjar sangat besar terlebih di bulan-bulan harom tersebut. Disamping itu, Rajab (dan bulan-bulan harom lainnya) Alloh SWT melimpahkan rahmat dan ampunan-Nya dan membuka pintu rahmat seluas-luasnya, karenanya do'a yang dipanjatkan pada bulan ini (dan bulan harom lainnya) di ijabah oleh Allooh SWT. Dalam hadis lain Rasul SAW pernah berkata: "Rajab adalah bulan (milik) Alloh SWT, Sya'ban adalah bulanku (NAbi SAW, dan Ramadhan adalah bulan (untuk) ummatku" (Al-HAdis). Jelaslah bahwa Sya'ban adalah bulan yang dimuiakan oleh Rasulullah SAW. Karena, dalam satu riwayat; bahwa Rasululloh SAW banyak berpuasa dibulan ini. Dan Rasul SAW pernah ditanya tentang hal ini lantas beliau menjawab bahwa di bulan ini para malaikat mengangkat catatan (tahunan) amal hamba-hamba Alloh SWT dan dilaporkan kepada Alloh SWT dan aku lebih suka jika catatan amalku diangkat sedang aku dalam keadaan berpuasa.

Penggabungan Keberkahan di dua bulan dan mohon disampaikan kepada bulan Ramadhan sebagai bentuk Kecintaan kepada Ramadhan dan persiapan menghadapi Ramadhan. Kecintaan dan senang memasuki bulan Ramadhan dapat diindikasikan dari membaca do'a tersebut sejak dua bulan sebelum Ramadhan, dan ini akan digolongkan orang-orang yang senang dan rindu menyambut Ramadhan yang mana Nabi SAW bersabda: "Barang siapa yang senang/suka cita dengan masuknya Ramadhan maka Alloh SWT akan selamatkan jasadnya dari api neraka. Jelaslah, bahwa di dua bulan tersebut keberkahan dipanjatkan sebagai jalan menuju Ramadhan, sebagai bekal mengarungi samudera Ramadhan, bulan yg khusus untuk umat Nabi SAW agar dapat bertemu dengan Ramadhan dan dapat menjalankan Ramadhan dan memanfaatkan momentum Ramadhan dengan sebenar-benarnya dan sebaik mungkin.

Walloohu a'lam. Depok, Sabtu, 26 Rajab 1433 H / 16 juni 2012

No comments:

Menjelang Ramadhan

Rajab & Sya'ban: Sebuah Persiapan untuk Ramadhan Rasulullah SAW pernah mengajarkan sebuah do'a yang dibaca tatkala memasuki bu...